Blog

Tentang Batik Cap HEYTIMMY

December 4, 2019

Terima kasih sebelumnya untuk para Mom yang sudah berbelanja produk Batik HEYTIMMY..

Sekilas tentang Batik yang diproduksi oleh HEYTIMMY, berikut adalah keterangan lebih detail mengenai Batik HEYTIMMY:

1. Menggunakan Bahan 100% Katun

Batik yang digunakan oleh HEYTIMMY adalah bahan katun primis dengan komposisi dasar 100% katun. Seperti yang sudah diketahui oleh Mom, bahan katun adalah bahan terbaik untuk pakaian anak-anak. Benang katun terbuat dari serat kapas yang dihasilkan oleh tumbuhan. Sehingga ketika dipakai, bahan katun ini akan terasa lebih adem dan lebih mudah menyerap keringat, terutama untuk anak-anak yang aktif dan senang beraktivitas.

2. Menggunakan Teknik Cap
Custom Batik Cap HEYTIMMY

Batik yang digunakan oleh HEYTIMMY menggunakan teknik Batik Cap. Teknik Cap adalah teknik mencetak motif Batik secara manual menggunakan Cap yang dilakukan menggunakan tenaga manusia. Karena dilakukan secara manual, oleh sebab itu motif Batik Cap tidak akan 100% sempurna.

3. Pewarnaan manual dan pengeringan secara alami

Dikarenakan proses pewarnaan dan fiksasi yang masih menggunakan teknik manual, warna yang dihasilkan berpotensi tidak merata walaupun kain Batik dicelup dalam batch yang sama. Konsistensi semakin sulit dicapai apabila pengerjaan dikerjakan dalam kuantitas yang banyak.
Batik Cap Compare

Proses pengeringan Batik juga dilakukan secara alami atau dijemur di tempat yang teduh. Sehingga setelah kering, warna yang dihasilkan juga berpotensi tidak merata dan tidak konsisten.

4. Menikmati Keindahan Batik Cap
Batik Cap HEYTIMMY

Menurut HEYTIMMY, keindahan Batik Cap itu terletak pada ketidaksempurnaannya. Fakta bahwa proses pengerjaan Batik Cap dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia, justru proses inilah yang membuat Batik Cap itu unik.

"Aku menikmati sekali bekas-bekas "malam" (lilin) yang jatuh menetes dan tidak sengaja ditinggalkan oleh pengrajin Batik. Detail motif yang seharusnya ada, terkadang terlihat samar atau malah tidak ada. Semakin lama dilihat, semakin aku menikmati indahnya Batik.." 
- Silvie Hendrawaty - 
Founder & Designer HEYTIMMY

Petujuk Pencucian dan Perawatan Batik:

  • Cuci Batik secara terpisah
  • Warna Batik akan luntur pada pencucian pertama dan kedua
  • Gunakan deterjen cair secukupnya
  • Hindari deterjen bubuk karena bubuk bersifat lebih keras dan panas
  • Cuci kucak dengan tangan secara perlahan
  • Hindari mengeringkan langsung dibawah terik matahari
  • Keringkan secara alami di tempat yang teduh
  • Setrika dengan suhu sedang
  • Gunakan kain pelapis diatas Batik ketika setrika
  • Warna Batik perlahan-lahan akan memudar seiring berjalannya waktu